Meja Belajar Anak

19 May

Meja belajar berbentuk konvensional yang monoton bisa dibilang sudah tidak menarik lagi. Warna dan bentuknya yang old school plus kaku dapat membuat semangat anak untuk belajar menjadi berkurang. Apalagi jika berbicara mengenai ukurannya yang kadang tak cocok dengan luas ruang yang tersedia. Gambar Meja Belajar

meja_belajarJangan putus asa apalagi menyerah. Anda bisa mendesain meja belajar secara khusus sekaligus memberikan sentuhan pribadi sesuai dengan konsep atau tema pada kamar tersebut.

Anak usia sekolah pasti memerlukan tempat untuk belajar atau menyimpan buku-buku pelajaran sekolahnya. Karena itu diperlukan tempat khusus untuk menyimpan semua peralatan baik buku ataupun alat tulis agar tidak berantakan. Selain menyimpan semua peralatan sekolah, diperlukan juga tempat untuk mengerjakan pekerjaan di rumah.

Tempat terbaik untuk meyediakan meja belajar bagi anak adalah kamar tidurnya. Memang tak ada salahnya jika Anda memilih untuk meletakkan meja belajar di dekat ruang kerja atau ruangan yang membuat aktivitas anak mudah diawasi. Yang harus dipahami adalah, anak akan lebih nyaman belajar di kamarnya sendiri. Meski masih belia, anak juga membutuhkan tempat yang agak privat untuk mengerjakan pekerjaan sekolah agar tidak terganggu oleh kegiatan lainnya di dalam rumah, dan agar mereka mudah menyesuaikan diri dengan zona nyamannya di kamar tidurnya

Buatlah desain yang lebih ringkas pada tempat yang terbatas. Dengan desain yang ringkas, meja belajar jadi bisa terlihat tidak membosankan sehingga bisa membuat anak jadi semangat untuk belajar. Rak bisa dibuat secara built in satu set dengan mejanya, atau bisa juga ditempelkan di dinding sesuai dengan ukuran meja belajar. Dengan cara ini Anda akan hemat ruang.

Jangan lupa, pilih desain dan warna yang dapat membuat anak betah berlama-lama di meja belajar. Warna yang netral misalnya adalah kuning lembut atau warna krem gading. Untuk seluruh ruangan, Anda dapat memadukannya dengan tirai hijau, border jingga, atau seprai dengan motif yang disukai anak. Warna biru langit atau warna cokelat juga bisa dipadankan dengan warna dinding yang kuning sehingga makin menonjol. Namun Anda perlu ingat, bahwa warna yang dipilih boleh cerah namun tak terlalu mencolok.

Namun Anda juga perlu perhatikan usia anak Anda. Jika anak Anda sudah menginjak usia remaja, ada baiknya jika di meja belajarnya disediakan ruang tambahan untuk bisa menyimpan pernak-pernik atau papan jadwal. Untuk meja belajar anak yang sudah remaja, Anda dapat menggunakan warna natural kayu dan dipadankan dengan warna hijau, biru, atau pink. Yang penting sesuai dengan identitasdan kesukaan si anak. (*/Tabloidnova)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: